Virus corona

Menelusuri Pengetahuan Si Virus Corona

Membahas mengenai pengetahuan virus corona memang tidak ada habisnya yaa #kadarpeople. Jangan bosan untuk selalu mencari informasi dan pengetahuan yaa tentang penyakit virus yang menyerang saluran pernafasan. Sebelumnya kalian semua pada tahu gak sih apa itu ? simak ulasan berikut ini yaaa

Coronavirus

Salah satu penyakit baru yang menyerang infeksi saluran pernafasan dalam taraf ringan hingga sedang, seperti flu dan radang tenggorokan. Hingga menyebabkan umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji pun meninggal dunia karena terserang virus tersebut.

Awalnya virus corona sama dengan penyakit lainnya yang menyerang paru-paru sehingga menimbulkan penyakit pneumonia. Pertama kali menyerang warga di Kota Wuhan, Negara Tiongkok pada bulan desember 2019 hingga menyebar luas di bulan Januari 2020.

Adapun faktor-faktor resiko terinfeksi virus corona diantaranya ialah anak-anak, umumnya memiliki daya tahan tubuh yang relatif rentan daripada orang dewasa. Kekebalan imun yang diturunkan dari faktor genetik orang tua pun sangat mempengaruhi. Bukan hanya itu, faktor cuaca atau musin juga mempengaruhi. 

Penyebab seseorang bisa terkena virus corona ialah disebabkan karena sifatnya mudah menyebar ke orang lain

Percikan air luar saat berbicara dengan lawan bicara dan kebetulan lagi mengidap penyakit maka secara langsung percikan tersebut akan tertular kepada lawan bicara, tidak mencuci tangan dengan air mengalir ataupun hand sanitizer setelah memegang benda apapun dan sebelum makan, sehingga tangan tersebut langsung tersentuh oleh permukaan wajah atau tangan dan akan menyebabkan tertularnya virus corona tersebut. 

Gejala yang ditimbulkan dari orang yang terinfeksi virus corona diantaranya ialah sakit tenggorokan, demam yang tidak kunjung menurun dalam waktu tertentu, demam, batuk, dan badan merasa sakit atau mudah lelah. Namun ini hanyalah gejala ringan yang ditimbulkan, tetapi ada gejala berat lainnya yang bisa menyebabkan pneumonia (paru-paru basah) seperti batuk yang berlendir, sesak nafas, dan nyeri dada saat batuk.

Jika kalian sedang atau setelah melakukan bepergian ke tempat keramaian dan tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang mengidap penyakit tersebut alangkah baiknya langsung konsultasikan ke dokter dengan melakukan anamnesis atau wawancara medis dengan dokter. Karena dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, darah untuk membantu menegakkan diagnosis dan bertanya seputar gejala dan aktifitas yang ditimbulkan.

Bukan hanya itu, untuk membuktikan apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak ialah dengan melakukan tes dahak, dengan mengambil sampel dari tenggorokan atau spesimen pernafasan lainnya seperti swab tenggorokan, DPL, fungsi hepar, ginjal, dan PCT/CRP.

Itu tadi beberapa ulasan seputar pengetahuan virus corona hingga gejala yang ditimbulkan. Semoga kita semua tetap waspada dan mencari informasi sebanyak mungkin yaaa #kadarpeople 🙂

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *