Tips Rumah Tahan Banjir secara Buatan

Sudah beberapa bulan, di beberapa wilayah belum terbebas dari virus pandemi covid-19 ditambah lagi musim pancaroba yang masih tidak menentu. Dengan intensitas hujan yang tinggi ini terkadang bisa menjadi ancaman banjir yang akan menghantau warga dimanapun. Apalagi bagi warga yang rumahnya terkena dampak langganan banjir akan sangat sulit untuk menerjang dan membuat pondasi agar tidak banjir.

Membutuhkan banyak biaya untuk merenovasi rumah jika hujan dan banjir menerjang sebagian rumah warga, banyak barang rusak. Namun kali ini, kami akan membagikan tips yang bermanfaat bagi kalian semua untuk mencegah masuknya air ke dalam rumah agar rumah tahan banjir dengan desain minimalis.

Salah satunya dengan membuat tanggul buatan agar rumah tahan banjir secara buatan. Sebenarnya yang menjadi hal utama yang dapat dilakukan sebagia masyarakat untuk mencegah banjir ialah dengan merenovasi ketinggian lantai pada rumah tapi hal ini justru akan memakan biaya banyak. Bagi masyarakat yang tidak memiliki cukup banyak biaya untuk melakukannya buatlah semacam tanggul terbuat dari karung-karung yang berisikan pasir. Sebelumnya, buatlah penahan tanggul dengan papan kayu yang dibuat berjejeran seperti pagar setelah itu taruh dan tumpuklah sekarung pasir di setiap pinggiran tanggul papan tersebut. Hal ini tentu akan mencegah masuknya air yang terlalu deras ke dalam rumah.

Selain itu, membuat tanggul buatan lainnya bisa digunakan dengan membuat sebuah waduk kecil. Waduk kecil ini bisa buat rumah tahan banjir secara buatan diantara perumahan dan lahan kosong yang luas. Danau yang berukuran relative kecil ini bisa terbentu secara alamiah maupun buatan. Hal pertama yang dilakukan ialah dengan menentukan jenis material yang akan digunakan salah satunya dengan tanggul yang berada di Situ, mereka membuat sebuah urugan tanah yang relative homogeny (earth dam). Tanggul jenis satu ini teridir dari satu jenis tanah yang kedap air dan dipadatkan. Pempadatan pada struktur tanah dilengkapi dengan sistem penyalir yang berfungsi untuk menurunkan garis aliran rembesan di dalam tanggul.

Tanggul buatan lainnya ialah dengan membuat kolam retensi (penampungan sementara) yang berfungsi untuk menyimpan debit sungai sementara sehingga puncak banjir dapat dikurangi intensitasnya. Cara membuatnya dengan memanfaatkan dari segi pertanian seperti melunakkan tanah, mencuci tanah dari unsur racun, dan mengendapkan lumpur yang kaya akan unsur hara.

Nah bagaimana tips berikut ini ? rumah tahan banjir bisa kalian gunakan kan ?

Semoga bermanfaat yaaaa J

.

Tetap ikuti artikel kami yaa di www.kadarrealty.co.id

Dan sosial media kami yaaaa

Instagram dan Facebook:

@kadarbaruberkah_                            Kadar Baru Berkah

@kadarkendari                                   Kadar Kendai

@kadarsorong                                     Kadar Sorong

@kadarwaisairesidence                      Kadar Waisai Residence

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *