Trik Membuat Hand Sanitizer Sendiri

trik membuat hand sanitizer

Wahh.. sudah mulai menipis persediaan hand sanitizer di daerah kalian ? jangan sedih dulu yaa #kadarpeople, kali ini Kadar Baru Berkah akan memberikan solusi untuk kalian semua yaaa.

Pasti semenjak mulai menyebarnya virus corona (covid-19) tentu makin membuat masyarakat Indonesia merasa panik dan mulai membeli perlindungan diri dari luar seperti hand sanitizer, masker, hingga rempah-rempah. Namun ada beberapa produk yang tidak semuanya selalu tersedia dan mudah habis, salah satunya ialah hand sanitizer sebagai upaya untuk mencegah terjadinya virus corona.

Dengan banyaknya yang membeli hand sanitizer maka keberadaan hand sanitizer akan semakin langka. Beberapa pihak juga mulai menaikkan harga hand sanitizer sehingga membuat kesusahan bagi setiap pembeli.

Yuk simak berikut ini trik membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah dari rumah saja yaaaa!

1. Cara membuat hand sanitizer pertama ialah siapkan bahan yang diperlukan yaaa

  1. ¾ alkohol gosok (dengan kandungan alkohol 99%)
  1. ¼ gel lidah buaya, dalam hal ini lidah buaya sangat membantu untuk menjaga tangan Anda agar tetap halus dan menangkal kerasnya zat yang terkandung dalam alkohol
  1. tetesan minyak esensial (minyak pohon teh atau lavender sebanyak 10 tetes)
  1. mangkuk kecil, sendok, dan botol kosong yang berjenis semprotan

2. Cara membuatnya ialah 

  1. Siapkan mangkuk kecil dan sendok, kemudian tuang 10 tetes minyak esensial dan ¼ gel lidah buaya yang sudah disiapkan kemudian aduk hingga rata
  1. Jika sudah tercampur rata, tambahkan ¾ isopropil atau alkohol dan aduk kembali selama 10 detik.
  1. Kemudian setelah tercampur rata, siapkan botol semprot plastik yang masing kosong dan tuang racikan hand sanitizer dan tutup hingga rata botol tersebut.

Adapun yang kedua bisa kalian gunakan yaaa untuk trik membuat hand sanitizer sendiri di rumah terdiri atas.

3. Cara membuat

  1. ethanol dengan kadar 96% sebanyak 833 ml
  1. hidrogen peroksida sebanyak 41,7ml
  1. glisering sebanyak 14,5%
  1. air suling steril yang sudah distilasi atau menggunakan air minum yang sudah direbus.

Kunci utama dalam membuat hand sanitizer sendiri di rumah ialah adanya isoproply alcohol yakni alkohol tak berwarna yang mengandung setidaknya 60% alcohol dan gel lidah buaya yang bisa kalian tanam sendiri di rumah dan dijual di beberapa toko kecantikan.

Namun, juga perlu diketahui bahwa satu hal yang perlu diperhatikan yakni akan bekerja jika memakai di keseluruhan pada telapak tangan dan tunggu hingga kering. Dan pastikan selalu menggunakan saat tangan dalam keadaan bersih yaaa !

1 tanggapan pada “Trik Membuat Hand Sanitizer Sendiri”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *