Dapatkan Info Perumahan Pengembang dari Gerbang Sikumbang

Info perumahan Sikumbang merupakan aplikasi berbasis website yang diluncurkan oleh Kementerian PUPR. Aplikasi ini berisikan info pengembang subsidi yang bisa diakses oleh masyarakat. Selain Sikumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang) tersedia juga Sikasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan), dan Sipetruk (Sistem Pemantaun Konstruksi).

Ketiga aplikasi tersebut memiliki informasi yang saling terintegrasi. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari aplikasi yang diluncurkan oleh PPDPP (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan) Kementerian PUPR :

Pertama, Info Perumahan Sikumbang

Sikumbang merupakan aplikasi yang menyediakan informasi pengembang perumahan subsidi dari pemerintah secara real time. Info yang tersedia adalah terkait hunian yang tersedia, hunian yang terjual, dan hunian yang sedang dibangun.

Informasi tersebut disajikan dalam bentuk peta dengan tiga indeks warna. Kuning menandakan rumah masih tersedia. Merah menandakan unit rumah yang masih tesedia. Dan warna hitam menandakan untuk unit perumahan komersil.

Selain bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mencari perumahan subsidi, info perumahan Sikumbang juga bermanfaat bagi pengembang dari sisi promosi. Sikumbang bisa menjadi media promosi real time yang bisa digunakan untuk pemasaran secara efektif dan efisien.

Kedua, Info KPR Sikasep

Berbeda dengan Sikumbang, Sikasep adalah sistem informasi yang bisa digunakan masyarakat untuk mencari informasi KPR subsidi dari pemerintah. Selain itu, melalui Sikasep masyarakat juga bisa mengajukan pembelian rumah subsidi yang tersedia oleh pengembang.

Supaya bisa menggunakan aplikasi Sikasep, masyarakat sebagai pengguna harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu pada aplikasi tersebut. Pendaftaran memerlukan data KTP, pembuatan password, NPWP, data penghasilan bruto, nomer hp hingga swafoto dengan KTP.

Ketiga, Sipetruk

Merupakan aplikasi buatan Kementerian PUPR yang berfungsi untuk memeriksa kelayakan perumahan subsidi yang dibangun oleh para pengembang. Dalam hal ini, Kementerian PUPR bekerja sama dengan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Kosntruksi) dan MK (Manajemen Konstruksi).

Hasil penilaian dari MK, hunian yang sudah memenuhi syarat kelayakan tersebut secara otomatis akan muncul pada aplikasi Sikasep. Sehingga bisa dijual kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk update penjualan,dan pembangunan rumah subsidi Malang, Sorong dan Kendari serta informasi lainnya, silakan terus ikuti
sosial media official Kadar Land di www.kadarrealty.co.id dan Instagram
kami @kadarbbaruberkah_.