kunci pola hidup sehat

Kunci Pola Hidup Sehat, Terbebas Virus Corona

Sudah hampir dua bulan, korban akibat virus corona (COVID-19) masih terus bertambah. Namun korban yang paling banyak ialah warga negara asing yang bukan merupakan penduduk asli Indonesia. Lantas, apa kita semua tetap berdiam diri atau malah lebih panik dengan adanya pemberitaan tersebut.

Banyak belajar dan memahami mengenai kunci pola hidup sehat, terbebas virus corona. Tetapi jika kalian semua tidak melakukannya dengan cara yang bijak maka akan menghambat proses pencegahannya. Untuk itu, simak tips berikut ini agar terhindari dari virus corona !

1. Jangan Mudah Bersikap Panik

Dalam menghadapi pemberitaan mengenai penyakit bernama virus corona (COVID-19) ini janganlah terlalu gegabah dan panik sehingga menimbulkan perasaan was-was hingga parno sendiri. Karena jika kita semua dalam keadaan yang panik dan gegabah maka akan sulit mengambil sebuah keputusan. Siapa saja akan berpikir kurang rasional dan memicu terjadinya stres secara psikis sehingga dapat mempengaruhi menurunnya kekuatan imun dalam tubuh.

2. Jangan Sering Bepergian ke Tempat Keramaian

Tips berikut ini memang terdengar seperti aneh, namun jika dalam keadaan seperti ini hal ini bisa dianjurkan agar tidak tertular penyakit tersebut. Namun jika, Anda memang ditugaskan untuk bertugas pada suatu acara atau diwajibkan untuk menaiki transportasi umum tetap bersikap waspada dan hati-hati bila berada di dekat orang yang sedang sakit seperti flu dan batuk.

Cara untuk membantu agar tidak tertular ialah dengan selalu membawa masker lebih dan menggunakannya sebagai bentuk perlindungan diri. Jika memang harus bersalaman atau bersentuhan, cobalah kurangi dan jika setelah menyentuh atau memegang benda yang umumnya dipegang oleh orang-orang seperti gagang pintu pada kendaraan, segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer demi mendukung pencegahan akan virus corona.

3. Menggunakan Masker Setiap Saat

Wah.. siapa disini yang sering melihat orang lain sedang mengenakan masker anti polusi di tempat kerja atau saat menaiki kendaraan pribadi maupun umum. Penggunaan masker yang utama ialah untuk mencegah Anda terkena penyakit dan terhindar dari polusi asap kendaraan ataupun debu yang dapat mengganggu saluran pernafasan.

Umumnya masker khusus yang digunakan untuk anti polusi yang efektif ialah masker N95 Respirator seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya. Karena masker N95 ini berbeda dengan masker pada umumnya, dengan desain dan rancangan yang pas menutupi wajah dan dilengkapi dengan alat penyaing khusus sehingga dirasa cukup efisein untuk menyerang partikel berbahaya di udara.

4. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Hand Sanitizer sangat perlu dibawa kemana-mana saat benar-benar tidak menemukan air mengalir dan sabun, penggunaan ini dirasa solusi yang tepat. Pilihlah hand sanitizer dengan kadar alkohol di atas 60% dan jangan pilih merk yang abak-abal atau hanya menimbulkan bau wangi saja yaaa. Perhatikan cara mencuci tangan yang benar secara menyeluruh dan teliti yaa. Seperti gambar di bawah ini yaa

cara mencuci tangan yang baik dan benar
Cara mencuci tangan yang baik dan bhttps://www.hipwee.com/list/7-langkah-mencuci-tangan-yang-benar-menurut-who-apa-kamu-tahu/enar
5. Konsumsi Makanan Bergizi dibanding Suplemen

Mengonsumsi makanan bergizi sangat dianjurkan untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi sehat atau fit meskipun cuaca sedang tidak menentu. Makanan bergizi sudah diajarkan di sekolah dari dahulu seperti air putih sebanyak delapan (8) gelas perhari, sayuran, dan susu. Vitamin pun juga jangan lupa yaaa #kadarpeople. Mengonsumi vitamin atau suplemen sangat baik untuk tubuh. Seperti pepatah dulu, lima (5) sehat empat (4) sempurna yaaa.

6. Lakukan Pola Istirahat yang Cukup dan Berolahraga

Tips terakhir ini ialah dengan selalu menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit dan terjaga, usahan pula dengan selalu memiliki pola tidur yang baik yakni tidur selama kurang lebih delapan (8) jam sehari. Jangan selalu memaksakan tubuh untuk selalu bekerja terus menerus hingga lelah dan jatuh sakit.

Dan cobalah untuk berolahraga tiap pagi selama 10-15 menit setelah bangun tidur, sehingga tubuh selalu fit saat bekerja atau melakukan aktifitas.

Mudah bukan #kadarpeople untuk melakukan tips kunci pola hidup sehat, terbebas virus corona di atas ? jangan panik dalam menghadapi dan mencegah virus corona yaaaa. Jaga kesehatan selalu dan kebersihan diri serta lingkungan luar yaaaa

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *