rumah sendiri

Mending Rumah Sendiri, ketimbang Mengontrak ?

Pssst.. cuaca di pagi ini sendu-sendu. Sama seperti perasaan dilema yang sedang dialami oleh #kadarpeople setelah dewasa nanti. Alur kehidupan akan terus berlanjut, untuk kalian yang sudah mendapatkan pekerjaan tetap pasti tidak lepas dengan keinginan untuk memiliki rumah sendiri daripada mengontrak. Belajar untuk hidup mandiri tanpa orang tua di rumah, bagaimana sih rasanya ? 

Biasanya bagi #kadarpeople yang sudah mendapatkan pekerjaan dan berencana untuk menikah atau hidup mandiri, pilihan selanjutnya adalah untuk membeli rumah sendiri. Suatu keinginan yang kebanyakan dijadikan sebagai sebuah pilihan. Menurut kalian lebih baik mana sih antara rumah sendiri dan mengontrak. Simak alasan berikut ini yaaaaaa

1. Belajar Memulai Hidup Mandiri

Kehidupan awal manusia dimulai dari lingkungan keluarga, dan dilahirkan oleh seorang ibu dialah pahlawan tanpa jasa sesungguhnya. Sehingga membuat kalian semua hidup dengan keluarga dan didampingi orang tua. Orang tua pastinya sangat menyayangi anak-anaknya tanpa terkecuali, memberikan apapun kebutuhan dari anaknya. Memang kelihatannya sedikit menggampangkan tapi tidak ada salahnya sebagai seorang anak tetap menghormati orang tua.

Salah satu nya jika diberikan pilihan untuk hidup mandiri. Hidup mandiri bukan berarti lepas dari tanggung jawab anak kepada orang tua. Tetapi memulai untuk membiasakan diri untuk survive ke kehidupan nyata. Bahwa hidup itu keras, setiap manusia dituntut untuk memiliki dan memanfaatkan setiap kemampuan yang dimiliki dan terus mengasah atau mengembangkannya tanpa ada campur tangan bantuan dari kedua orang tua. Dalam hal, misalnya yang biasanya bangun tidur kemudian mandi dan sarapan sudah siap sedia di atas meja makan, hidup mandiri langsung bangun dan menyiapkan apapun sendiri. 

2. Bebas dalam Mengatur Rumah

Selanjutnya jika #kadarpeople telah memiliki rumah sendiri berarti seseorang itu dapat mengatur secara bebas yang ada di dalam rumahnya. Contohnya dalam hal mengkonsep dan mendesain rumah, sampai dari pemilihan furniture baik interior maupun eksterior rumah semuanya diri masing-masing yang mengaturnya. Coba bayangkan deh #kadarpeople jika tinggal dengan orang tua mau tidak mau, dihadapkan kepada sebuah pilihan untuk mengikuti aturan orang tua.

3. Menghindari Konflik dengan Orang Tua

Dalam hal lainnya, kebanyakan seseorang lebih suka memiliki rumah sendiri dan melanjutkan untuk berumah tangga serta memilih untuk tinggal di rumah sendiri adalah menghindari jika terjadinya konflik dengan orang tua. Apapun jika setiap seseorang masih tinggal bersama orang tua permasalahan akan muncul dan orang tua otomatis akan merasakan apa yang sedang dialami oleh seorang anak. Apalagi jika sudah berumah tangga dan tinggal dengan mertua ataupun menantu, pasti ada beberapa campur tangan dari pihak menantu atau mertua. Tidak mau kan tentunya #kadarpeople ?

4. Tidak Akan Timbul Permasalahan Kedua

Satu ini, yang harus dihindari ya #kadarpeople hehe, yap bagi yang sudah berumah tangga dan masih tinggal dengan kedua orang tua tentunya tidak mau kan setiap permasalahan yang terjadi diantara kedua pasangan sampai kedengaran pihak orang tua. Belajar lebih dewasa dan menyikapi setiap permasalahan dengan tenang. Namanya lingkungan yang masih tinggal dengan orang tua harus secara hati-hati, salah-salah nanti ikut campur dan malah menyusahkan dan menimbulkan kesalahpahaman. Urusannya bakalan lebih ribet loh. Lebih baik jika memiliki rumah sendiri, permasalahan akan diselesaikan dengan kedua pasangan. Dan akan nyaman jika tidak ada campur tangan dari pihak orang tua.

5. Menjadi Pribadi yang Lebih Keras

Memiliki rumah sendiri membuat pribadi akan lebih bekerja keras, khususnya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Waktu masih anak-anak, semua diberikan pilihan untuk menerima apapun usaha yang diberikan oleh kedua orang tuanya, contohnya dalam hal makanan atau jajan semua dibebankan pada orang tua. Namun jika harus membeli rumah sendiri, diwajibkan untuk hidup lebih keras dalam hal mengatur keuangan hingga kebutuhan yang ada. Dan untuk yang sudah menikah, juga harus belajar untuk menyeimbangkan kebutuhan antara kedua pihak jangan sampai tumpang tindih yaaa. Maka dari itu, mulai sekarang belajar dan bekerja keraslah sebaik mungkin, dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

6. Merasakan Menjadi Orang Tua

Bagi #kadarpeople yang dari dulu sudah tinggal bersama orang tua pasti akan merasa sulit jika harus memulai hidup mandiri di awal-awal. Namun jika sudah terbiasa rasanya akan biasa saja. dari sinilah perjuangan orang tua baru terasa, bagaimana susahnya mencari nafkah untuk anak-anaknya kemudian menyiapkan sarapan di pagi hari. Itu semua membutuhkan tanggung jawab yang besar. 

7. Survive di Lingkungan Baru

Seperti namanya, istilah survive adalah hidup dan bertahan akan lingkungan baru. Selamat datang di kehidupan nyata bukan kehidupan ala-ala remaja dan anak kuliahan saat ini. Semua permasalahan yang dihadapi haruslah membuat seseorang tersebut harus berjuang demi bertahan di lingkungan barunya. Sama seperti waktu di bangku sekolah, setiap permasalahan yang muncul misalnya dimarahi oleh guru atau dicaci maki oleh dosen harus menerima dan tidak mudah menyerah jika usaha yang dilakukan terasa sia-sia. Belajar untuk mengembangkan diri di lingkungan yang baru.

Itu tadi alasan kenapa sih memilih untuk membeli rumah sendiri ? tantangannya menarik sekali

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *