Pondasi Rumah Subsidi memiliki banyak kelebihan

pondasi rumah subsidi
pondasi rumah subsidi by pinterest

Kembali lagi ke artikel terbaru dan menarik kami ya #kadarpeople ! Hm.. sekarang hari apa ? semoga tetap selalu sehat ya. Jangan lupa untuk tetap perhatikan protokol kesehatan di rumah agar terhindari virus covid-19 ya ! Kali ini, kami akan membagikan informasi menarik yang menjadi unsur penting dalam membangun rumah salah satunya batu bata. Betapa pentingnya pondasi rumah subsidi menggunakan batu bata di rumah sih ?

Batu bata memang sudah menjadi hal utama yang sering digunakan dalam pondasi rumah subsidi. Walaupun kini banyak bahan pondasi lainnya untuk membuat tembok selain batu bata. Ada yang tahu gak sih apa saja itu ? simak informasi berikut ya !

Batu bata memiliki beberapa kelebihan yang telah dipercaya hampir manusia untuk membangun sebuah rumah. Pentingnya pondasi batu bata menjadi tolak ukur bertahannya sebuah bangunan rumah. Bahan baku bata sendiri berasal dari tanah liat atau biasa dikenal dengan tanah lempung yang telah melalui proses pembersihan dari kerikil dan batu lainnya. Umumnya, tanah ini sering dijumpai di berbagai daerah manapun. Batu bata memiliki warna dan tingkat kekerasan yang berbeda-beda, perbedaan ini disebabkan karena perbedaan harga bahan baku tanah yang digunakan, hingga perbedaan teknik dan pembakaran yang digunakan.

Apa itu batu bata konvensional ?

Batu bata konvensional yang dibuat dengan mengutamakan sumber daya manusia (SDM). Dengan cara tradisional dan menggunakan alat sederhana. Cara pembuatan batu bata ialah dari tanah liat atau tanah lempung yang telah dibersihkan kemudian diberi sedikit air dan selanjutnya dicetak menjadi bentuk kotak-kotak yang terbuat dari bahan kayu dengan pemberian sekatan kotak panjang.

Setelah adonan selesai dicetak, langkah selanjutnya ialah dijemur di bawah sinar matahari langsung sampai kering. Panas matahari yang jatuh langsung tepat ke batu bata akan memudahkan proses pengeringan. Setelah itu, lakukan proses pembakaran dalam jangka waktu kurang lebih satu hingga dua hati sampai batu didalamnya hangus dan remuk. Tidak lupa pasangkan suhu api saat pembakaran hingga 100 derajat celcius. Tidak lupa juga, gunakan rumput hijau atau godong pisang sebagai penutup lubang kecil yang menyerupai pori-pori pada cetakan batu yang dibuat. Kelebihan dari adanya batu bata konvensional ini ialah bentuknya yang tidak sama satu sama lain dan simetri serta memiliki tekstur yang kasar.

Lain halnya dengan jenis batu bata pres yang menggunakan bantuan alat mesin sehingga memiliki tekstur lebih halus dan rapi daripada batu bata konvensional. Selain itu, batu bata juga sering digunakan oleh para kontraktor rumah karena harganya murah dan mudah didapat di daerah manapun hingga pelosok sehingga bisa menjangkau lapisan masyarakat manapun. Warna yang unik dan khas menambah kesan menarik pada pondasi batu bata, dan ketahanan yang cukup kuat terhadap cuaca panas, dingin, dan lembap.

Bagaimana apakah salah satu pondasi dalam membuat rumah kalian terbuat dari batu bata ? dengan berbagai informasi kelebihan yang sudah kami berikan, tidak heran jika batu bata hingga kini masih bertahan di rumah kita. Salah satu pondasi batu bata yang diterapkan pada property perumahan kami ialah di perumahan Kadar Baru Berkah terbagi menjadi tiga daerah yakni di Kota Kendari, Sorong, dan Waisai.

semoga informasi di atas bisa bermanfaat yaaa #kadarpeople ! jangan lupa untuk terus ikuti sosial media kami yaaa !

Instagram : @kadarbaruberkah // @kadarsorong // @kadarkendari // @kadarwaisairesidence

Nantikan artikel menarik dan inspiratif lainnya di kadarrealty.co.id yaaa !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *